Mengapa Anda Harus Membawa Catatan Saku?

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, penulis akhir-akhir ini menyimpulkan. Bahwa tidak semestinya kita terlalu bergantung dengan sesuatu hal yang serba digital sepenuhnya. Penulis berasumsi sebaiknya sesuatu hal yang offline harus tetaplah ada. Namun tidak menjadikannya sesuatu hal yang offline itu diganti sepenuhnya oleh online.

Singkat kata, penulis menyadari ada beberapa keterbatasan dimana pada sesuatu hal itu muncul tanpa kita sadari. Entah itu berupa ide atau gagasan, namun pada saat ide atau gagasan ingin di catat. Penulis mencatat menggunakan aplikasi pencatat yang ada di Smartphone. Mudah memang, disaat kita ingin melihat kembali catatan itu, cukup membuka aplikasi pencatat saja maka catatan kita dapat kita baca. Namun disaat kita baterai Smartphone kita telah habis, namun hal tersebut perlu kita tuliskan. Ambil contoh saja seperti nomor telepon, alamat email, nama, alamat lengkap, dsbnya. Hal itu sangat menyulitkan, maka dari itu penulis memerlukan Catatan Saku, karena bentuknya offline dan memudahkan penulis untuk mencatat tanpa harus khawatir akan baterai habis seperti smartphone, kecuali tinta pulpen habis, dan kertasnya sudah penuh semua hehe.

Penulis mengutip artikel yang cukup menarik pada website ini, bahwa manfaat catatan saku, yakni :

  1. I don’t forget names or phone numbers or other contact information.
  2. If I discover a task that I need to do, it’s immediately saved so I don’t forget about it.
  3. When I have a fleeting idea, I don’t lose it or have to work extra hard to remember it.
  4. I don’t get distracted nearly as much by those fleeting ideas, either.
  5. I’m much better at learning things, both when I plan to or when an opportunity for learning pops up unexpectedly.
  6. My “brainstorming” is much more effective than ever before.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan dengan adanya catatan?
Penulis mengutip dari website ini, yakni :

  • To-Do List: What better place is there than your pocket to keep a running list of everything that needs to get done?
  • Ledger: Track your daily spending to stick to your budget in order to help save up for that custom knife you’ve been eyeing.
  • Micro Journal: Write down a few thoughts from each day. It’s a lot of fun to look back on what you were doing years ago on the same day.
  • Documentation: Whether it be gym progress, weight loss/gain, restaurant reviews, or tasting notes on your favorite coffees or beers, try keeping a log of things you like.
  • Creativity & Inspiration: It’s relaxing to let your mind go and put pen to paper and see what comes out. Write down fleeting thoughts, business ideas, sketches for an upcoming project, and much more. Who knows – you could develop an amazing talent (like Sam Larson did) or invent the next big thing right out of your back pocket.

Untuk pengguna catatan saku. Sampai saat ini, penulis baru mempunyai kriteria, yakni

  1. Ukurannya yang kecil, karena lebih mudah dibawa kemana-kemana tanpa khawatir tidak membawa tas kecil ataupun ransel
  2. Satu bagian dengan pulpen, dalam artian terdapat bagian pada buku saku tersebut yang mudah ditempatkannya pulpen
  3. Ukuran pulpen tidak melebihi besarnya catatan saku dan ukuran pulpen itu dapat dibeli dimanapun. Tanpa harus khawatir apabila penulis kehilangan pulpen, pada saat pulpen yang penulis tempatkan pada catatan saku hilang

Kriteria penulis, maupun dengan pembaca bisa saja berbeda. Karena penerapan catatan saku penulis, saat ini hanya untuk keperluan mencatat saja. Penulis mendapati catatan saku yang sesuai kriteria dengan penulis, pada saat mengunjungi tempat alat tulis kantor untuk membeli pick gitar, dimana di tempat tersebut terdapat catatan saku. Berikut foto catatan saku tersebut.

2015-12-18 20.37.12

Untuk catatan saku tersebut penulis hanya menemukan “Made in China” tanpa ada keterangan catatan saku ini dibuat oleh perusahaan apa. Sayang sekali. Namun kedepannya apabila catatan saku ini telah habis, penulis akan mencoba membuat sendiri catatan saku yang sesuai dengan kriteria penulis dan mencoba catatan saku merk “Moleskine”.

Karena penulis mendapati pada website ini. Moleskine menjadi catatan saku yang terfavorit, saat ini penulis mendapati situs bhinneka.com menjual catatan moleskine juga. Diantaranya :

 

 

 

 

 

 

MOLESKINE-Classic-Notebook-Plain-Hard-Cover-[9788862930062]-Red-SKU00813644_0-20140328220000MOLESKINEClassic Notebook Plain Hard Cover [9788862930062] – Red

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan :
Dengan adanya catatan saku ini, diharapkan membantu penulis dan semoga segenap pembaca menyadari. Bahwa betapa pentingnya, sebuah catatan saku.

Terima kasih

 

Iklan